A.
Pendahuluan
1.
Standar Kompetensi
5. Memahami gejala-gejala alam melalui
pengamatan
2.
Kompetensi dasar
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya
untuk mengamati gejala-gejala kehidupan.
3.
Tujuan pembelajaran
a.
Menjelaskan fungsi mikroskop
b.
Menjelaskan cara merawat mikroskop
c.
Menyebutkan bagian-bagian
mikroskop
d.
Menyebutkan fungsi mikroskop
B.
Kegiatan Belajar
1. Uraian isi
Dua
nilai penting sebuah mikroskop adalah daya pembesaran dan penguraiannya, atau
resolusi. Pembesaran mencerminkan berapa kali lebih besar objeknya terlihat
dibandingkan dengan ukuran sebenarnya. Daya urai merupakan ukuran kejelasan
citra; yaitu jarak minimum dua titik yang dapat dipisahkan dan masih dapat
dibedakan sebagai dua titik berbeda dan
terpisah.
Mikroskop yang biasa digunakan
dalam laboratorium biologi adalah mikroskop monokuler (latin : mono = satu, oculus = mata). Kebanyakan objek yang akan diamati dengan
menggunakan mikroskop monokuler ini harus memiliki ukuran yang kecil atau tipis
sehingga dapat ditembus cahaya. Bentuk dan susunan objek tersebut dapat
dibedakan karena beberapa bagian objek itu lebih banyak menyerap cahaya dari
pada bagian-bagian yang lain. Mikroskop membuat benda-benda kecil kelihatan
lebih besar